Space iklan

Recipe: Perfect Tips Menyimpan Sambal Tahan Berbulan-Bulan Tanpa Pengawet

Tips Menyimpan Sambal Tahan Berbulan-Bulan Tanpa Pengawet.

Tips Menyimpan Sambal Tahan Berbulan-Bulan Tanpa Pengawet You can cook Tips Menyimpan Sambal Tahan Berbulan-Bulan Tanpa Pengawet using 3 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve it.

Ingredients of Tips Menyimpan Sambal Tahan Berbulan-Bulan Tanpa Pengawet

  1. You need 2 kg of cabai.
  2. It's 2 lt of air.
  3. It's Secukupnya of minyak goreng.

Tips Menyimpan Sambal Tahan Berbulan-Bulan Tanpa Pengawet step by step

  1. Bersihkan cabai (bebas mau pakai cabai apa saja. Di sini saya pakai cabai rawit merah/ rawit Jawa). Buang jika ada yang sudah busuk. Cuci 2-3 kali di dalam baskom hingga airnya jernih. Selanjutnya masak air dan setelah mendidih masukkan cabai. Rebus selama 15 menit..
  2. Setelah 15 menit, matikan api dan langsung ditiriskan. Usahakan benar-benar kering (jangan ada air menggenang di bawah saringan/ wadah)..
  3. Jika cabai sudah agak dingin, giling cabai dengan food processor, chopper, atau tumbuk manual hingga halus. Tambahkan sedikit minyak goreng saat sudah halus (kalau pakai food processor atau chopper, minyak boleh ditambahkan di awal). Kalau ingin menggunakan blender saya sarankan gunakan blender yang kering, karena yang basah biasanya butuh banyak cairan supaya bisa tergiling halus. JANGAN gunakan air untuk memperlancar proses penggilingan, hanya gunakan minyak goreng..
  4. Kemas sambal ke dalam plastik bening ukuran 1/4 kg. Di sini saya buat per plastik seberat 300g (dapat hampir 8 plastik). Jika tidak mau pakai plastik, bisa menggunakan wadah yang bisa/ tahan ditaruh di freezer. Gunakan wadah yang tidak terlalu besar supaya ketika ingin menggunakan lebih mudah dicairkan dan lebih awet..

Related Posts:

0 Response to "Recipe: Perfect Tips Menyimpan Sambal Tahan Berbulan-Bulan Tanpa Pengawet"

Posting Komentar